Breaking News

KPU Ogan Ilir Diskualifikasi Paslon Bupati dan Wakil Bupati Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak

Ogan Ilir, Tabloid NPP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ogan Ilir secara resmi melakukan diskualifikasi Pasangan Calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam-Endang PU Ishak pada Pilkada 9 Desember 2020. 

Dalam Konferensi Persnya pada Senin 12/10/2020 malam di Kantor KPU Ogan Ilir, ketua KPU Ogan Ilir Massuryati mengatakan bahwa keputusan KPU Ogan Ilir ini berdasarkan surat Rekomendasi dari Bawaslu Ogan Ilir.

"Sesuai dengan surat Rekomendasi Bawaslu Ogan Ilir bernomor 273 yang sudah kami terima pada tanggal 5 Oktober yang sesuai dengan peraturan perundang undangan dan undang undang pelaksanaan pemilu bahwa KPU Kabupaten/Kota wajib menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu Provinsi dan atau Bawaslu Kabupaten/Kota sebagaimana dimaksud," ujarnya.

"Jadi ada kewajiban yang dilakukan KPU Kabupaten Ogan Ilir untuk menindak lanjuti rekomendasi Bawaslu Ogan Ilir, adapun bentuk perintah dari rekomendasi tersebut adalah untuk melaksanakan ketentuan pasal 71 ayat 5 Undang Undang nomor 1 tahun 2015 yang telah diubah beberapa kali sampai dengan Undang Undang Nomor 6 tahun 2020 dan pasal 90 ayat 1 huruf F juncto ayat 2 PKPU 3 2017 tentang Pencalonan yang sudah diubah menjadi PKPU 9 tahun 2020.

Adapun tindaklanjut rekomendasi yang kami lakukan adalah melaksanakan ketentuan pasal 71 ayat 5 dengan SK KPU Ogan Ilir Nomor 263/HK.0.1-KPT/1610/KPU-KAP/X2020 tentang pembatalan penetapan pasangan calon peserta pemilihan bupati dan wakil bupati kabupaten Ogan Ilir tahun 2020," terang Massuryati.

"Sesuai dengan keputusan KPU tadi, Pasangan Calon yang dikenakan sangsi admisnistrasi pembatalan calon sebagaimana dimaksud adalah Ilyas Panji Alam dan Endang PU Ishak," tegas ketua KPU Ogan Ilir.

Turut hadir dalam Konferensi Pers tersebut Komisioner KPU Ogan Ilir, Jajaran Polres Ogan Ilir dan rekan rekan media. (YA/Tim)

Tidak ada komentar