Breaking News

SELALU HADIR DITENGAH WARGA BINAAN, BABINSA MELAKUKAN PENDAMPINGAN ACARA PEMBAYARAN MAS KAWIN


 



Sorong, Papua Barat. – tabloid npp.Babinsa Koramil 1802-10/Ayamaru. Serda Suyanto melaksanakan pemantauan dan monitor wilayah dengan melakukan pendampingan pada acara pembayaran mas kawin bagi masyarakat adat papua yang bertempat di Kampung Irohe Distrik Aitinyo Kabupaten Maybrat.  Selasa (15/09/2020).


Babinsa menjelaskan, Budaya mengantar mas kawin bagi masyarakat adat papua dilakukan dengan membawa berbagai jenis piring adat, guci, kain adat, peralatan rumah tangga serta sejumlah uang. Berbagai barang itu dibawa keluarga laki-laki diantar bersama dengan iringan tarian ke rumah keluarga calon istri.



Mengantar mas kawin dari keluarga calon suami menjadi sesuatu yang sangat sakral. Mas kawin, menurut tradisi itu, harus diberikan kepada keluarga perempuan yang kelak resmi akan menyandang status sebagai istri dalam ikatan keluarga”. Babinsa.


Mayor Inf Andreas Pailo selaku Danramil 1802-10/Ayamaru mengatakan, menghadiri kegiatan mengantar mas kawin bagi masyarakat adat papua selain sebagai ajang silahturahmi juga sebagai bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat, khususnya Babinsa di wilayah binaanya," tuturnya


Pak Kris mewakili masyarakat Kampung Irohe Distrik Aitinyo mengucapkan terima kasih banyak kepada Babinsa Koramil 1802-10/Ayamaru yang turut serta membantu dalam pengamana acara adat tersebut dan berharap agar pendampingan tersebut dapat terus dilakukan hingga acara adat ini selesai”. Harapnya.

(Timo/leo)

Tidak ada komentar