Breaking News

Musrembang Agenda Tahunan Pemerintah Desa Dawuan Barat

Karawang, Tabloid NPP - Dalam musyawarah yang digelar di Aula Kantor Desa Dawuan Barat, antara Badan Permusyawaratan Desa, Pemerintah Desa (PemDes) dan unsur masyarakat, yang diselenggarakan oleh PemDes untuk menetapkan prioritas. Program kegiatan dan kebutuhan pembangunan Desa yang didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa serta melibatkan Swadaya masyarakat Desa, kamis (10-10-2020).

Perencanaan pembangunan Desa sebagaimana ketentuan dalam Peraturan MENDAGRI no.114 tahun 2014, tentang pedoman pembangunan Desa disusun dalam Dua tahapan yaitu :

1. Perencanaan jangka menengah Enam tahunan, berupa Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDESA).

2. Perencanaan Pembangunan tahunan Desa, berupa Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDESA).

Dokumen Perencanaan Pembangunan Desa harus disusun secara Partisipatif, dengan melibatkan Para Pemangku Kepentingan yang ada di Desa melalui tahapan-tahapan forum musyawarah, baik Musyawarah Desa (MusDes) yang diselenggarakan oleh BPD maupun melalui Forum Musrembang yang dilaksanakan oleh PemDes. Hal ini menunjukkan bahwa perencanaan PemDes merupakan proses Demokratid yang ditandai adanya keterlibatan aktif seluruh komponen masyarakat di Desa.

RPJMDESA ditetapkan dalam jangka waktu paling lama 3 Bulan, terhitung sejak Pelantikan Kepala Desa.

RKPDESA disusun oleh PemDes sesuai dengan informasi dari PemDa Kabupaten, berkaitan dengan indikatif Desa dan rencana kegiatan Pemerintah, PemProv juga PemDes.

(M. Alfan & Agus. P)

Tidak ada komentar