Breaking News

Dispen Koarmada III Ikuti Latihan Operasi Dukungan Informasi

 





Sorong,papua barat - tabloid npp.Segenap personel Dinas Penerangan Komando Armada (Dispen Koarmada) III dan Dispen Lantamal XIV Sorong mengikuti Latihan Operasi Dukungan Informasi Aspek Penerangan (Latopsdukinfopen) secara virtual di Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 1 Kel. Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat. Latihan ini dipusatkan di Dispenal, Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur yang dibuka Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, S.E., M.M., M.Soc. Sc., Senin (7/9/2020) dan akan berlangsung selama satu minggu. 


Kadispenal dalam sambutannya antara lain mengatakan bahwa perang adalah tugas militer yang hakekatnnya merupakan kelanjutan politik dengan cara lain. Tujuannya yakni memaksa musuh memenuhi keinginan kita. Menurut Sun Tzu, kemenangan 100 kali dalam 100 pertempuran bukanlah suatu strategi yang paling hebat, tetapi  mengalahkan musuh tanpa pertempuran merupakan  cerminan strategi yang paling hebat


Perang juga  mengalami transformasi yang awalnya konflik fisik atau senjata,  era digital  berubah menjadi perang maya yakni perang opini yang tujuannya sama yakni musuh memenuhi atau mengikuti keinginan kita. Perang maya (virtual)  memanfaatkan sarana teknologi informasi sehingga sering dikenal perang informasi. Peperangan informasi saat ini sering dilakukan sebagai bentuk awal terjadinnya konflik sebelum perang fisik terjadi, tegasnya. 


Menurut Kadispenal bahwa personel Penerangan wajib memiliki kemampuan dalam bidang peperangan informasi (perang opini) dalam rangka mendukung tugas pokok TNI/TNI AL dalam menegakkan kedaulatan dan keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Untuk itu, dalam rangka  meningkatkan  profesionalisme prajurit TNI AL profesi penerangan pada tahun 2020 ini, walaupun dalam suasana pandemik Covid-19,  kita  tetap melaksanakan latihan ini. Latihan Opsdukinfo Aspek Penerangan sekarang ini akan dilaksanakan secara virtual baik yang di Jakarta, Surabaya dan Sorong, khusus untuk di Jakarta dikombinasikan dengan manual bertempat di Dispenal."terangnya".

(Timo/leo)

Tidak ada komentar