Breaking News

Walikota sorong meresmikan pengoperasian station life jacket dan uji coba pelayaran trayek pendek KM. Gandha Nusantara 15, serta penyerahan SKK dan BST bagi motoris kapal tradisional Sorong - Dom ke pulau terdekat.



Sorong papua barat - tabloid npp..
Bertempat di kantor KSOP kota sorong telah di laksanakan peresmian pengoprasian station life jacket dan uji coba pelayaran trayek pendek KM Gandha Nusantara 15 serta penyerahan SKK dan BST bagi motoris kapal tradisional sorong-doom dan pulau-pulau terdekat. Perwakilan kapal motor tradiosional tersebut dari masyarakat Dom yang menerima bantuan tersebut.(senin,13/07/20)

Menurut kepala KSOP kota sorong, M. Takwin Masuku dalam sambutan nya mengatakan bahwa,
Life jacket yang kami buat ini belum ada di Indonesia dan juga tidak ada anggaran dalam APBN,untuk itu jangan dilihat kecil barangnya tetapi barang ini sangat tinggi manfaatnya dan dapat bermanfaat untuk memberikan jaminan keselamatan buat penguna kapal motor tradisional sorong - dom dan kami juga sudah melakukan uji coba  untuk life jacket dan memberikan sertifikat secara gratis kepada kapal-kapal tradisional,"ucap M.Takwin Masuku".

Kemudian Kami juga akan menyerahkan BST dan SKK secara gratis kepada para motoris untuk bisa membawa kapal-kapal kepulau kecil,sehinga dengan demikian kami memberikan life jacket secara gratis agar  dapat di pergunakan dengan sebaiknya..khusus untuk penggunaan life jacket tersebut,
Kita akan membagikan kepada kapal motor tradisional sebanyak  kurang lebih 300 life jacket, untuk setiap kapal tradisional mendapatkan 15 life jacket dan tidak boleh memuat penumpang lebih dari pada kapasitas kapal tersebut.
Lanjut M.Takwin Masuku mengatakan bahwa kami juga sudah mengirim surat kepada kementrian perhubungan untuk  mendatangkan dua  kapal,namun untuk sementara baru satu kapal yang sudah ada  di pelabuhan Usahamina kota sorong pada akhir bulan Maret tahun 2020.Kapal ini juga bisa dijadikan inovasi juga untuk memberikan suatu gambaran bahwa ada pulau-pulau terdekat yang butuh transportasi secara reguler,sehingga kemungkin kecil life jacketnya sangat banyak manfaatnya  untuk keselamatan masyarakat yang  menggunakan transportasi KM. Gardha,"terangnya".

Khusus untuk kapal - kapal tradisional tetap masih digunakan untuk melayani trayek pendek atau pulau-pulau terdekat dan  kami juga tidak akan mematikan mata pencarian kapal tradisional tetapi tetap kami hidupkan dan  melakukan pendekatan sehingga dapat memenuhi segala fasilitas untuk keselamatan mereka sebagai kapal tradisional(taxi laut sorong - dom)..
Sebelum penyerahan life jacket secara simbolis oleh wali kota sorong Drs. Lambert Jitmau MM.sekaligus pembukaan life jacket dan pelayaran jarak pendek,di lanjutkan dengan sambutan wali kota sorong yang pada intinya mengatakan bahwa,kapal ini merupakan apresiasi untuk perkembangan pelayaran di Kota Sorong dan untuk menghubungkan pulau-pulau kecil, sebagai sarana penunjang di daerah karena dari pulau-pulau kecil ini untuk menggangkut hasil kebun dan hasil laut dari luar untuk di jual di kota sorong sehingga mereka juga dapat merasakan hidup yang lebih baik dan tidak menuntut kemungkinan bahwa dengan peresmian kapal untuk ke pulau terdekat dengan harapan untuk mengangkut hasil-hasil laut maupun orang dari kepulauan sehinga lebih bagus mengunakan kapal Gandha Nusantara  yang akan saya resmikan dari pada menggunakan kapal tradisional karena jika dilihat dari segi keamanannya sangat baik dan aman serta keselamatannya pun lebih bagus dan bisa juga buat mengangkut barang maupun penumpang demi keselamatan dilaut.
Untuk itu kata walikota sorong mengucapkan terikasih kepada Kepala KSOP yang sudah memberikan sertifikat berlayar secara gratis dan mari kita sama-sama  bergandengan tangan secara bersama-sama untuk menjaga perairan dari ancaman dari luar,"tegasnya".

Kemudian walikota pun mengharapkan kepada kita semua untuk melaksanakan pengamana baik di  darat maupun di laut..
Khusus untuk perahu-perahu tradisional  harus selalu ada sehingga dapat menjaga barang - barang lokal hasil perkebunan yang bisa di bawah dari pulau-pulau terdekat seperti di pulau Ram.. 

Untuk itu dengan membuka secara resmi penggunaan life jacket oleh Drs. Lambert Jitmau MM. (Walikota Sorong)
Peresmian station life jacket di kantor KSOP di pelabuhan Dom,selanjutnya walikota sorong  bersama rombongan menuju Pelabuhan Usahamina Jln. Jend. Ahmad Yani, Kelurahan Kampung Baru Distrik Sorong Kota, Kota Sorong Prov. Papua Barat untuk mengecek KM. Gardha bersama rombongan menuju Pelabuhan bersama rombongan mengikuti uji coba Kapal KM. Gardha kepulau-pulau terdekat,"tuturnya".
(Timo/leo)

Tidak ada komentar