Breaking News

PEMUDA - PEMUDI ASAL PAPUA MENGIKUTI PENDIDIKAN TNI AL DI KATAPOP KABUPATEN SORONG PAPUA BARAT


Sorong,papua barat - tabloid npp. Komandan Lantamal XIV Brigjen TNI (Mar) Suaf Yanu H. Mengiikuti sidang Pemantauan akhir Panitia Pusat (Pantukhir Panpus) bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Mako Koarmada III Jl. Bubara No. 01 Kota Sorong, Prov. Papua Barat yang dipimpin oleh Aspers Kasal Laksda TNI I Nyoman Mandra, M. SC., CHRMP., Pangkoarmada III Laksda TNI Dadi Hartanto, M. Tr. Hanla, dan Kadisminpersal Laksma TNI DR. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP (Rabu,29/07/20)


Sebanyak 210 Pemuda asal Papua mengikuti sidang Pantukhir Panpus penerimaan calon Bintara Pria/Wanita Prajurit Karier dan calon Tamtama Prajurit Karier Angkatan Laut program khusus Kasal untuk mengawaki Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Tahun 2020.

Aspers Kasal mengatakan "Caba pria dan Wanita serta Catam yang mengikuti pantukhir pusat di Koarmada III, merupakan calon-calon Bintara dan Tamtama terbaik. Untuk itu para pemuda dan pemudi yang yang mengukuti tes Caba dan Catam sebelumnya telah melewati seluruh tahapan pemeriksaan awal yang sangat ketat dan teliti, meliputi aspek administrasi, kesehatan, jasmani, Mental aideologi (MI) dan Psikologi, yang dilaksanakan secara obyektif dan transparan oleh masing-masing panitia daerah, yaitu Lantamal X Jayapura, Lantamal XI Merauke dan Lantamal XIV Sorong."


Hasil dari Pantukhir Panpus tersebut Caba Pria jumlah 108 orang, lulus 103 orang, dan tidak lulus 5 orang. Caba Wanita jumlah 17 orang dinyatakan lulus semua, Catam jumlah 85 orang, lulus 80 orang, dan tidak lulus 5 orang. Dengan hasil keputusan seluruhnya yang lolos berjumlah 200 orang dan tidak lolos 10 orang.


"200 Pemuda dan pemudi asal Papua yang dinyatakan lulus tersebut, akan mengikuti pendidikan dasar militer (Sarmil) di Koarmada III Katapop Salawati, Kab. Sorong dan Pasmar-3 Sorong serta pendidikan kejuruan yang akan dilaksanakan di Lantamal XIV Sorong. Selain itu, mereka juga akan mengikuti latihan praktek menggunakan KRI yang berada di jajaran Koarmada III. Pendidikan calon Bintara dan calon Tamtama prajurit karier TNI-AL selama ini diselenggarakan di Kodiklatal Surabaya, namun pada Tahun 2020 pertama kali diselenggarakan di Sorong,"Ujar Aspers Kasal".
(Timo/leo)

Tidak ada komentar