Breaking News

Pangkoarmada III Tegaskan Kepada Prajurit Tingkatkan Soliditas dan Sinergitas



Timika, Papua, Tabloid NPP - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., menegaskan kepada seluruh prajurit Koarmada III dan jajaran, khususnya Lanal (Pangkalan Angkatan Laut) Timika agar senantiasa berupaya meningkatkan soliditas dan sinergitas TNI dan Polri serta seluruh elemen bangsa dalam rangka menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Penegasan tersebut dikemukakan Pangkoarmada III ketika memberikan pengarahan kepada prajurit dan PNS serta Jalasenastri Lanal Timika di Mako Lanal Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Rabu (22/7/2020).


Pada kesempatan tersebut juga hadir Komandan Lanal Timika Letkol Laut (P) Yadi Mulyadi beserta seluruh anggota Lanal Timika. 
Pangkoarmada III menegaskan bahwa di Kabupaten Mimika terdapat PT. Freeport Indonesia yang merupakan obyek vital nasional, untuk pengamanannya melibatkan anggota TNI dan Polri. Bagi prajurit Lanal Timika yang terlibat dalam pengamanan objek vitas tersebut agar senantiasa menjaga soliditas dan sinergitas TNI dan Polri.

Menurut Pangkoarmada III bahwa tugas tanggung jawab Lanal Timika yang begitu kompleks dengan wilayah kerja yang luas dan medan yang berat menuntut konsekuensi bagi personel Lanal Timika lebih  profesional bertindak dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI di wilayah kerjanya, antara lain yang masih sering terjadi khususnya ancaman dari KKSB  serta berbagai bentuk kegiatan illegal melalui laut  Arafura seperti illegal fishing, illegal loging, illegal oiling, illegal mining dan peredaran narkoba, yang tentunya membutuhkan pengawasan perairan yang lebih intens dan serius. 
Dengan kondisi tersebut, menurut Pangkoarmada III bahwa validasi peningkatan organisasi Lanal Timika dari Lanal tipe C menjadi Lanal tipe B, kemungkinan akan terealisasi sehubungan penambahan  beban tugas dalam mendukung keberhasilan operasional TNI AL.

“Dengan demikian, Lanal Timika diharapkan dapat memberikan dukungan optimal fungsi 5R (Repair, Replanishment, Refuel, Rest dan recreation) serta mendukung pembangunan daerah menciptakan stabilitas keamanan, khususnya di wilayah perairan sungai dan laut di Kabupaten Mimika. Dengan adanya kantor perwakilan Mako Lanal Timika di komplek Yos Sudarso jalan Freeport lama Kota Timika diharapkan dapat meningkatkan kinerja Lanal Timika seoptimal mungkin,” tegasnya".


Pangkoarmada III juga menghimbau Lanal Timika mengantisipasi dini skenario “the new normal”. Perhatikan pelaksanaan prosedural cara kerja, budaya kerja serta tata kelola organisasi yang fleksibel. “Kalian harus menyikapi wabah pandemi ini dengan disiplin sesuai protokol kesehatan Covid-19. Dukung dan bantu Pemerintah Daerah / Gugus Tugas Daerah melaksanakan percepatan penanganan Covid-19. Prajurit dan PNS Lanal Timika beserta keluarga harus melaksanakan protokol kesehatan yang ketat dalam pencegahan Covid-19 dengan penuh rasa tanggungjawab dan disiplin pada masa-masa pandemi Covid-19 saat ini,” ujarnya".
(Timo/leo)

Tidak ada komentar