Breaking News

Pangdam XVIII/Kasuari Beserta Gubernur Papua Barat Tinjau Kegiatan Pengembangan Pertanian


Sorong, Papua Barat, Tabloid NPP - Bertempat di Perkebunan Tani Kelurahan Matawolot Distrik Salawati Kabupaten Sorong, Dandim 1802/Sorong Letkol Inf Budiman, S.E.,M.I.Pol.MM., mendampingi Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, S.I.P, M.Si Bersama Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan beserta Staf dalam rangka kunjungan kerja untuk memantau beberapa kegiatan pengembangan pertanian di wilayah Kabupaten Sorong yang berkaitan dengan stock bahan baku pangan untuk memperkuat ketahanan pangan daerah serta penyerahan Bahan Pangan Pokok di Kelurahan Jamaimo, Distrik Mariat Kabupaten  Sorong, Rabu (08/07/2020).

Dalam sambutan singkat Gubernur Papua Barat Mengatakan, Pada saat ini kita menghadapi virus Corona yang memakan korban, Untuk itu perlu saya sampaikan bahwa di Papua Barat positif 265 orang, yang sembuh sebanyak 185 orang Untuk itu saya memberikan apresiasi kepada Bupati Sorong dan Gugus Tugas Covid, TNI-Polri, Forkopimda dan semua pihak, Ada sesuai data saya ada 53 positif dan sembuh 47 orang sehingga sisa 6 orang. Ada 4 Kabupaten daerah hijau yaitu Sorsel, Maybrat, Tambrauw dan Pegaf, serta tambahan 2 yaitu Teluk Bintuni dan Mansel, Namun tidak usah panik dan takut asalkan menerapkan protokol kesehatan.


sektor pertanian merupakan kegiatan yang sangat penting karena menyediakan kebutuhan dan ketahanan pangan, Lahan di Papua Barat serta penduduknya terus bertambah dan mencapai 982.000 jiwa di 12 Kab dan 1 Kota. 

Program ini akan disebar di wilayah kampung-kampung di Papua Barat sehingga bisa meningkatkan lapangan kerja, penghasilan dan pemasukan masyarakat.

Kita mengantisipasi ketika wabah Corona berkepanjangan namun kita yakin kalau tidak akan lanjut berkepanjangan Maka kita galakkan kegiatan pertanian terutama pangan lokal dan kita akan panen 54 Ha. ini penting untuk berjaga-jaga jika kita tidak bisa mengirim bahan pangan pokok dari luar wilayah, Dana dari Kemendes dan Provinsi yang sudah ditetapkan sebanyak 1.743 kampung di seluruh Papua Barat Dengan demikian dikolaborasikan dana kementrian dengan dana Provinsi dan Kabupaten, sehingga diharapkan dana dapat digunakan untuk padat karya tunai di desa maupun kampung Sehingga bisa digunakan untuk membuka lahan dan menanam bibit.
Ketahanan pangan lokal kita harus diperkuat untuk 5-6 bulan kedepan Maka saya minta dukungan petani dan penyuluh pertanian harap proaktif memanfaatkan SDA yang ada sehingga bermanfaat bagi kita semua kedepan.

Marilah kita menjaga ketahanan pangan daerah dengan bercocok tanam serta berkebun Hari dilakukan secara terus menerus dan memberikan inovasi serta fasilitas budidaya hingga produksi sehingga didapatkan tanaman yang berkualitas.


Melalui kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih kepada Bupati beserta jajarannya yang memberikan perhatian kepada masyarakat dalam bidang pertanian, Ucapan terima kasih juga diucapkan kepada TNI-Polri serta pihak lain Mari kita menjaga alam agar alam menjaga kita Mari manfaatkan lahan yang ada untuk berkebun dan bertanam.

Hadir pada kegiatan tersebut, Dr. Jhony Kamuru, SH.,M.Si (Bupati Kab. Sorong), Habel Yadanfle, SH (Ketua DPRD kab. Sorong), Laksda TNI Dadi Hartanto M. Tr (Han) (Panglima Komando Armada III), Brigjen TNI. Yulius Selvanus (Danrem 181/PVT), Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi (Danpasmar 3), Letkol Inf Budiman, SE, M.I.Pol, MM (Dandim 1802/Sorong), Letkol Arm Djoko Sujarwo (Kasiter Korem 181/PVT), AKBP Robertus A. Pandiangan, S.IK,. MH (Kapolres Sorong), Suka Harjono, S.Sos.,M.Si (Wakil Bupati Sorong), Ari Wijayanti SE.MM (Sekda Kab Sorong), Wa ode Likawati (Staf Ahli Bupati bidang SDM kab Sorong),  Ir. Benyamin Hallatu, MM (Kepala Dinas Pertanian Kab Sorong), Ir. Maritje Wattimena, M.Si, (Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sorong), Ramses Marpaung, SE, MM (Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan), La Ole S Sos, M.Si (Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kab. Sorong), Yuri S.Sos (Kepala Distrik Aimas Kabupaten Sorong), Ngatijo S.Sos (Kepala Distrik Salawati Kab Sorong), Gede Adtiyana (Kepala BPP Distrik Salawati Kabupaten Sorong), Ibu Rita Maria Iriyanto (Kepala BPP Distrik Aimas Kabupaten Sorong),"tuturnya".
(Timo/leo)

Tidak ada komentar