Breaking News

KNPI Kadungora Siap Dampingi Anak-anak Belajar di Masa Pandemi


Garut, Tabloid NPP - Melalui kerjasama bersama Yayasan Odesa Indonesia Kabupaten Garut, Dewan Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPK KNPI) Kadungora, siap mendampingi anak-anak belajar di tengah masa pandemi Covid-19.

Wakil Ketua DPK KNPI Kadungora Muhamad Iqbal Nugraha mengatakan, kebutuhan pendidikan bagi para pelajar di masa pandemi yang sedang berlangsung saat ini, tetap harus diperhatikan.

Apalagi, sebagaimana diketahui, para pelajar, mulai dari siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), menengah pertama (SMP) sampai ke tingkat menengah atas (SMA) bahkan mahasiswa di perguruan tinggi, terdampak secara langsung. Di mana kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka di sekolah diliburkan dalam masa yang cukup lama, diganti dengan proses belajar secara dalam jaringan (daring/online) dan melalui televisi.

"Sebagaimana diketahui bersama, proses kegiatan belajar mengajar di sekolah diliburkan selama masa pandemi Covid-19 berlangsung. Pemerintah memang sudah berupaya untuk tetap memberikan hak pelajar untuk mendapatkan pendidikan melalui jaringan elektronik. Namun, untuk memaksimalkan efektivitas pembelajaran, kiranya perlu ada pendampingan belajar bagi anak-anak tersebut," ujarnya.

Iqbal mengatakan, dengan memanfaatkan masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di mana terdapat kelonggaran untuk mengadakan pertemuan, KNPI Kadungora akan berupaya memberikan pendampingan pembelajaran-pembelajaran sesuai dengan kebutuhan materi masing-masing tingkatan, oleh anggota KNPI Kadungora di sekitar tempat tinggalnya, dengan melibatkan tenaga pengajar/akademisi, yang tentunya  tetap memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi.

"Jadi teknisnya kami akan memfasilitasi kegiatan belajar mengajar anak-anak, bekerjasama dengan Odesa dan melibatkan pihak-pihak akademisi yang mempunyai kemampuan untuk mengajar. Dan dalam hal ini tentunya kami akan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, menyediakan sarana cuci tangan dan handsanitizer. Dan kami juga akan memastikan lokasinya steril," katanya.

Iqbal berharap, kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dan berjalan lancar. Sehingga, anak-anak dapat mengisi waktunya dengan kegiatan-kegiatan yang positif.

Sementara itu, Koordinator Odesa Garut Ramlan Gumilar mengatakan, pihaknya juga siap menjalin kerjasama bersama KNPI dalam berupaya mengembangkan dunia pendidikan. Rencana tersebut sejalan dengan tiga aksi Odesa, yaitu, Sosial, Literasi dan Ekonomi.

"Nah kegiatan ini sejalan dengan aksi literasi Odesa, di mana kita mempunyai tanggung jawab intelektual dan berkewajiban untuk peduli terhadap pendidikan anak-anak," ujar Ramlan. (jono/tim)

Tidak ada komentar