Breaking News

Banyak Masyarakat Belum Nikmati Air Bersih, Wawako Fitrianti : Kita Akan Dirikan IPAB


Palembang, Tabloid NPP - Untuk mendorong agar  Perusahaan Daerah Air Minum ( PDAM ), bisa memberikan pelayanan air bersih bagi masyarakat, karena sampai saat ini masih banyak masyarakat yang belum bisa menikmati air bersih, padahal mereka ada yang berdomisili di daerah yang memiliki sumber mata air.

Sebagaimana telah diketahui bersama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), telah mempunyai kegiatan jangka panjang dalam mengatasi kesulitan air bersih, hal ini dikatakan Wawako usai rapat Instalasi Pengolahan Air Bersih (IPAB), Senin (2/12/2019).

Wawako mengatakan Khusus di seberang ulu pada tahun 2020 ,  problem kesulitan air bersih Seberang Ulu akan selesai, sementara untuk daerah seberang ilir, yang mereka memiliki mata air tetapi tidak bisa menikmati air bersih.

"Untuk itu kita memiliki rencana jangka pendek, kedepan kita akan dirikan Instalasi Pengolahan Air Bersih (IPAB), kita akan dirikan, asalkan daerah itu memiliki sumber mata air kita akan dirikan IPAB," jelas wawako kepada Tabloid NPP.

Menurut Fitrianti satu IPAB lebih kurang bisa mengaliri 30 sampai 50 Kepala Keluarga, tapi kalau kita mendirikan IPAB yang lebih besar maka bisa menjangkau lebih banyak lagi jumlah penduduk memeng belum memiliki atau mendapatkan pelayanan air bersih.

Wawako berharap ada kebijakan dari PDAM untuk warga yang membayar abodemen, sementara airnya tidak keluar di mohon kepihak PDAM agar jangan sampai abodemennya ditarik sementara airnya tidak keluar.

Kedepannya Fitrianti berharap akan ada percepatan- percepatan pembangunan - pembangunan jangka panjang, semoga tahun 2020 permasalahan air bersih ini akan selesai.

"IPAB merupakan bantuan APBN, namun pada tahun 2017 bantuan ini terhenti, maka mulai tahun 2020, kita akan minta tetap dari APBN, akan tetapi untuk pembangunan sekarang berharap akan adanya dana CSR Perusahaan atau PDAM, atau PDAM sendiri yang akan membangunkan, dikarenakan masih menjadi tanggung jawab PDAM yang sebenarnya untuk mengatasi masalah air bersih.

Jadi, saya berharap banyak PDAM tetap mengoktimalkan pekerjaan untuk menanggulangi masalah ini," tandasnya.

(yanti mahameru)

Tidak ada komentar