Breaking News

HUT Kota Lubuklinggau, Pemkot Gelar Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca



Lubuklinggau, Tabloid NPP – Sumatera Selatan, Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kota Lubuklinggau ke-18 Tahun, Pemerintah Kota Lubuklinggau yang bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional melaksanakan kegiatan ” Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca Tahun 2019 “.

Dengan mengusung tema ” Pustakawan Berkarya Mewujudkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat “. Yang dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau, Jalan Garuda No. 10, Kelurahan Garuda No.4, Bandung Kiri, Lubuk Linggau Bar. II, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Selasa, 22 Oktober 2019, sekira pukul 08.00 sampai selesai selesai.

Acara Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca Tahun 2019 ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Walikota Lubuklinggau H. SN. Prana Putra Sohe, yang didampingi langsung Bunda Baca dan juga sebagai Ketua Pengerak TP PKK Hj. Yetti Oktarina Prana, SE, Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Muhammad Syarif Bando, yang diwakilkan Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Woro Titi Haryanti dan Rombongan dari Perpustakaan Nasional RI, Kepala Perpustakaan Propinsi Sumatera Selatan, Dandim 0406/MLM Letkol Inf. A’an Setiawan S.Sos., M.I., Pol, Kapolres Lubuklinggau AKBP Dwi Hartono S.I.K, Asisten I Kahlan Bahar, Kajari yang mewakili, Ketua GOW, Ketua Kartika 0406/MLM, Jajaran OPD terkait, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau Hj. Sahleha SE, Sekretaris Dipursip Lubuklinggau Heri, para Camat, Para Kepala Sekolah SMA, SMK dan SMP se- Kota Lubuklinggau, Toko Adat, Toko Agama, Toko Pemuda, awak Media dan para Tamu Undangan lainnnya.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Woro Titi Haryanti, mengatakan selama ini Perpustakaan Kota Lubuklinggau sangat perlu di Apresiasi, sebab telah memiliki banyak sekali kegiatan dan juga terus menambah Koleksi Pustaka.

Selain itu ini terwujud berkat dukungan dari Pemerintah Kota Lubuklinggau yang begitu berperan atas kemajuan Perpustakaan ini. Dengan dukungan dan peran dari Penggiat Literasi, ini di sesuaikan dengan singkatan Linggau Bisa.

Dengan slogan dari kata Brain inilah, sangat erat hubungan dengan membaca, sebab tanpa membaca, maka Brain tidak ada apa-apanya. Apa yang kita baca itulah yang keluar dari diri kita, untuk selalu berinovasi dalam segala hal, jelasnya.

Acara dilanjutkan dengan Pengukuhkan Bunda Baca yang di Kukuhkan langsung oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Woro Titi Haryanti, kepada Bunda Baca Kota Lubuklinggau Hj. Yetti Oktarina Prana SE. Ibu Woro Titi Haryati berpesan kepada Bunda Baca Kota Lubuklinggau, ” Kami Titipkan Perpustakaan dan Minat Baca Yang Ada Di Lubuklinggau “. Ajak mereka untuk Gemar membaca dan beraktifitas selalu di Perpustakaan, katanya.

Ditambahkan Woro Titi Haryanti, selamat atas dikukuhkannya Bunda Baca Kota Lubuklinggau sebagai Role Model membangun Sumber Daya Manusia (SDM) terkhusus di Kota Lubuklinggau yang memiliki visi mewujudkan Daerah Lubuklinggau Metropolis dan Madani.

Dalam sambutannya Walikota Lubuklinggau H. SN. Prana Putra Sohe, menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada Perpustakaan Naional RI, bahwa Pemerintah Kota Lubuklinggau sangat mendukung Gerakan Gemar Membaca. Maka dari itu dibuatlah Perpustakaan yang ada di Kota Lubuklinggau ini senyaman mungkin bagi para Pengunjung.

Bahkan Perpustakaan yang berada di Kota Lubuklinggau ini juga, merupakan salah satu Wisata Pustaka yang cukup terkenal di masyarakat. Perpustakaan Lubuklinggau sendiri juga bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan diri dari berbagai Bidang. Seperti yang selama ini kita jalankan yaitu, dengan adanya Perpustakaan Keliling, Online dan Pelatihan Komputer bagi masyarakat Umum.

Ditengah sambutannya, Walikota Lubuklinggau meminta kepada Bunda Baca Kota Lubuklinggau Hj. Yetti Oktarina, yang baru di Kukuhkan langsung oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Woro Titi Haryanti, untuk membacakan Puisi secara Spontan sebagai Bunda Baca yang baru saja dikukuhkan.

Diakhir puncak acara Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca Tahun 2019, panitia pelaksana kegiatan Sekretaris Perpustakaan bersama Perpustakaan Nasional dan Perpustakaan Propinsi Sumatera Selatan serta Kepala Perpustakaan Kota Lubuklinggau melaksanakan kegiatan tanya jawab kepada tamu undangan. (tim)

Tidak ada komentar