Breaking News

Bea Cukai Palembang Berhasil Gagalkan Penyelundupan Elektronik


Palembang, Tabloid NPP  - Bea Cukai Palembang pada tanggal 22 Mei 2019, berhasil menggagalkan upaya penyelundupan barang elektronik berupa Handphone dan Laptop yang di bawa melalui jalur sungai didaerah Tanjung api -Api.

Menurut Dwi Harmawan Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Beacukai, "upaya penggagalan ini bermula dari informasi yang didapat tentang adanya pembongkaran barang impor ilegal tersebut.

Tim pun bergerak memuju lokasi , dan benar ditemukan barang tersebut telah dimuat dalam dua truk untuk di bawa keluar kota diantaranya Jakarta dan Karawang,"jelasnya.

"Kemudian dilakukan pengejaran dua truk tersebut, sampai di SPBU Soekarno Hatta truk berhenti untuk pengisian Bahan bakar minyak.Setelah dilakukan penggeledahan ditemukan boks - boks yang ditutupi dengan karung yang berisi muatan lokal seperti jengkol, kemiri dan ikan asin.

Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam di kantor Beacukai akhirnya ditemukan barang bukti berupa handphone merk Xiomi sebanyak 5.700 pcs, laptop merk Asus sebanyak 328 pcs, serta Tab Samsung sebanyak 40 pcs,"terangnya.

"Turut pula diamankan dua orang Warga Negara Indonesia (WNI) sebagai tersangka yang akan dijerat Undang -undang Kepabeanan nomor 17 tahun 2006 pasal 103 dan 104  , dengan ancaman maksimal 8 tahun penjara dan denda paling banyak 5 miliar.

Terhadap barang bukti dan tersangka telah dilakukan serah terima kepada Kejaksaan Negeri Palembang , dengan potensi kerugian negara yang timbul dengan tidak terpungutnya Bea masuk dan pajak dalam rangka Impor barang ini sebesar 1, 2 miliar,"pungkasnya.

(yanti.m)

Tidak ada komentar