Breaking News

Desa Tebat Agung Giat Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat


Muara Enim, TABLOID NPP - Rabu 23 Oktober 2019 dilaksanakan giat sistem informasi pembangunan berbasis masayarakat atau disingkat (SIPBM) bertempat di kantor Desa Tebat agung kecamatan Rambang Niru kabupaten Muara Enim.

Pembukaan giat aplikasi sistem informasi pembangunan berbasis masyarakat (SIPBM) pada hari selasa pukul 09.00 wib sampai dengan selesai di buka oleh Kadin PMD Drs. Imran Tabrani Msi.

"Untuk kabupaten Muara Enim hanya lima desa dari lima kecamatan yang terpilih melaksanakan file projeck, untuk kecamatan Rambang Niru desa yang terpilih adalah Desa Tebat Agung ibu kota kecamatan.

Program aplikasi sistem informasi pembangunan berbasis masyarakat ini kerjasama Kemendes dan unicef dari keterangan pemdamping desa Saudari Rapika.

Adapun tujuan utama dari SIPBM ini, menjadikan data dan informasi sebagai basis perencanaan sehingga SIPBM diharapkan dapat meningkatkan kwalitas perencanaan pembangunan secara teratur, terarah dan terukur.

Adapun jenis data SIPBM ialah,  sektor pendidikan,  sektor kesehatan, sektor sosial ekonomi,  sektor kependudukan, sektor sanitasi dan air bersih,  sektor perumahan dan sektor perlindungan anak.
Himbauan kepala desa saudara Arui Firmansyah kepada operator dan 13 orang peserta pendata, yang untuk satu orang pendata dibebankan 100 kepala keluarga yang harus di data, jika pada satu rumah pemukiman terdapat 2 kepala keluarga, untuk data kepala keluarga tetap 2 dokumen kepala keluarga, untuk rumah ditetapkan 1 saja,  itu sebagai contoh,  supaya pekerjaan pendataan dilaksanakan dengan teliti, cermat demi hasil maksimal seperti harapan kemendes, PMD propinsi dan PMD kabupaten,"jelas Imran Tabrani.  (Nuramin)

Tidak ada komentar