Breaking News

Wakil Bupati Situbondo : Tarik Wisatawan Agar Datang ke Kayumas Situbondo


Wakil Bupati Situbondo,  Ir H Yoyok Mulyadi M Si saat memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara. (imam) 


Situbondo, Tabloid NPP - Desa Kayumas, Kecamatan Arjasa salah satu obyek wisata yang dicanangkan oleh Pemkab Situbondo. Karena itu, perlu ada terobosan-terobosan yang dilakukan untuk menarik wisatawan berkunjung ke sana.

Nah, salah satu upaya yang telah dilakukan adalah menggelar kegiatan festival kopi. Acara ini digelar pada Kamis (29/8/2019) pagi, bersamaan dengan Ajheru’ Aghung atau selamatan desa. Ada beberapa rangkaian dalam kegiatan itu.

Wakil Bupati Situbondo, Ir H Yoyok Mulyadi M Si mengatakan, acara itu dilaksanakan memang bertujuan untuk memancing wisatawan. Menurutnya, desa yang terletak di ujung selatan Kecamatan Arjasa itu memiliki perkebunan kopi yang menawarkan pemandangan berlatar belakang alam.

H Yoyok mengatakan, kopi kayumas sudah dikenal ke seluruh penjuru nusantara. Bahkan, sudah Go Internasional. Sebab, pangsa pasarnya sampai ke beberapa negara di luar negeri.

“ Potensinya sangat luar biasa. Belum lagi jenis tanaman lain seperti jahe. Ini tentu memiliki nilai jual,” imbuhnya.

Orang nomor dua di lingkungan Pemkab Situbondo itu menerangkan, Ajheru’ Aghung merupakan kegiatan rutin tahunan. Hanya saja, pada tahun-tahun sebelumnya digelar di tiap dusun.

“Nah, sekarang ini kita kumpulkan menjadi satu. Pemerintah daerah ikut mendukung agar tetap lestari,” tambah H Yoyok.

Ajheru’ Aghung sebagai bentuk rasa syukur masyarakat karena hasil panen yang melimpah ruah. H Yoyok menjelaskan, ini merupakan kekayaan lokal yang harus tetap dipertahankan. Kemudian, pemerintah daerah akan menjadikannya sebagai budaya yang bisa menarik wisatawan.

Untuk kegiatan-kegiatan seperti ini, pemerintah daerah akan terus mendorong dan mendukung agar tidak hilang. Kalau bisa dilestarikan, akan sangat menunjang sektor pariwisata yang dicanangkan bupati,” pungkas H Yoyok.

Ada beberapa kegiatan sebagai rangkaian acara Ajheru’ Aghung dan festival kopi di kayu mas kemarin. Di antaranya, gelar adat budaya desa, sarasehan kopi, gelar potensi kopi kayumas, ngopi gratis, lomba sangrai kopi tradisional dan lomba produk UMKM. Dalam kesempatan itu, hadir juga beberapa kepala OPD. (imam)

Tidak ada komentar