Breaking News

Polres OI Siagakan Mobil Armored Water Cannon


Ogan Ilir, TABLOID NPP - Polres Ogan Ilir tetap menyiagakan satu unit mobil Armored Water Cannon (AWC) milik Polres untuk ikut membantu pemadaman. Walaupun pasca hujan turun beberapa waktu lalu, peristiwa Karhutlah di Bumi Caram Seguguk itu mulai berkurang.

Kapolres Ogan Ilir AKBP Gazali Ahmad mengatakan,jika dibutuhkan dalam pemadaman api Karhutlah mobil  tersebut disiagakan selama 1x24 jam dan konsen penggunaannya lebih kepada sore dan malam hari."ucapnya.

Lanjutnya mengatakan, kenapa pertimbangan untuk sore hari karna Water Bombing dan Heli (untuk pemadaman dari udara) jam operasionalnya kan dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Jadi kalau terjadinya Karhutla di malam hari kita harus menggunakan sarana yang ada.

Gazali mengakui, pada dasarnya mobil tersebut sebenarnya bukan untuk pemadaman api tapi digunakan untuk pengendalian masyarakat atau Dalmas saat terjadi aksi anarkisme.

Kitapun menyadari jika Kabupaten Ogan Ilir mengalami keterbatasan alat untuk pemadaman api diwaktu terjadi Karhutlah. Apalagi sesuai perintah Presiden RI Joko Widodo, setiap unsur terkait dalam Satgas Gabungan Karhutlah harus bisa menjinakkan api sekecil apapun yang berpotensi dapat menimbulkan kebakaran yang lebih besar.

Jadi kita akhirnya menggunakan mobil AWC ini walaupun sebenarnya untuk Dalmas oleh karena keterbatasan sarana harus tetap kita gunakan juga.
Satu unit mobil AWC milik Polres Ogan Ilir itu dapat menembakkan air kurang lebih sejauh 10-15 meter dan untuk isi tangkinya dapat menampung lebih dari 1.500 liter."ungkap Kapolres OI.

Hasil pantauan langsung awak media di lokasi Karhutlah beberapa waktu yang lalu Mobil AWC tersebut selalu berperan aktif membantu memadamkan api setiap kejadian Karhutlah mudah mudahan polres Ogan Ilir mendapat bantuan khusus mobil untuk membantu pemadaman api Karhutlah dan api yang lainnya sehingga masyarakat bisa terbantu sesuai dengan slogan melindungi mengayomi dan melayani masyarakat.(yongki&tim)

Tidak ada komentar